My Computer and Beyond (Praktikum Penkom)

my comp 1
My Computer Properties

Naah guys, kali ini gw mau ngebahas tentang hardware dan apa aja yang memengaruhi kemampuan PC kita (anggep aja PC yaa, even kamu pake laptop/notebook/atau macbook). Lihat niih, laptop gw pakai OS (Operating System) windows 7 professional. Emang agak jadul sih mengingat sekarang sudah hadir windows 10, tetapi windows 7 dinilai paling stabil dan kompatibel dengan banyak hal. Lanjut ke hardware, laptop gw bermerek ACER, tepatnya ACER aspire V5. Processornya pake Intel Core I3-2367M yang generasi 3 (stiker intel di laptop gw berbentuk landscape dan bergaris kuning di tengahnya) dengan clockspeed 1.40 GHz, lumayan yaa untuk harga laptop gw yang cukup murah yang dibeli sekitar 4 tahun lalu.

Untuk RAM (Random Access Memory), laptop gw dibekali dengan RAM 4GB DDR3 (dengan bagian yang belum terpakai sekitar 3.06 GB). Cukup lah untuk bermain game seperti DotA atau Counter Strike dengan mulus. Dan laptop gw masih menggunakan sistem operasi yang 32 bit, artinya yaaah performanya biasa saja, ngga sekeren yang 64 bit. Anyway, gw masih bilang kalo laptop gw masih oke banget lah! Dan bisa dilihat di gambar, terdapat nomor kontak ACER kalo ada keluhan (gw belum pernah nelpon sih) dan nama komputer gw sama lah kayak nama gw.

my comp 2
Rating Properties

Naah, sekarang kita telusuri lebih jauh soal IPK komputer kita alias rating. Untuk processor mendapatkan rating sebesar 4.9, lumayan lah ya dari 7.9 nilai maksimum. Berarti processor laptop gw bekerja lumayan efisien nih, ibaratnya mampu melakukan kalkulasi perdetik sebesar 62 dari 100 kalkulasi. Untuk RAM mendapat predikat cumlaude (ceileeh) karena bisa menunjukkan rating 7.1 dari 7.9. RAM laptop gw bisa mengoptimalkan memory yang digunakannya sehingga mengurangi rasa lag. Naah untuk grafik nih yg jadi problematika laptop gw karena memiliki nilai paling kecil. Nilainya hanya 4.7 yang berarti masihbelum bisa memaksimalkan kinerjanya, mungkin lebih kearah FPS (frame per second) atau refresh rate nya kali ya. Untuk masalah gaming dan 3D (favorit gw nih), mendapat nilai 6.6 yang berarti performa laptop gw untuk main game lumayan mendukung lah ya. Yaiyalah gw main game aja mulus terus kok, mempermudah jalur kemenangan gw hahaha. Untuk hard disk, ia mendapat nilai 5.9. Sebenernya menurut gw siih its oke wae.

dxdiag 1
dxdiag System

Naah sekarang kita bahas hasil sidang oleh DirectX yang diakses melalui searchbox dan mengetik dxdiag. Untuk masalah tanggal, nama pc, dan OS jelas lah yaa udah tertera dan disinggung di pembicaraan sebelumnya. Laptop gw adalah ACER Aspire V5-417G dan memakai setting bahasa inggris. BIOS nya sendiri bertipe Phoenix BIOS SC-T v2.2. Oh ya RAM yang tadi kita bahas agak berbeda nih dengan aslinya yaitu 4096 MB, kenapa bisa lebih 96? Karena komputer membaca kode operasi melalui sisten perpangkatan 210 sehingga angka yang muncul tidak tepat 4000 MB. DirectX yang digunakan di laptop gw adalah versi 11.

dxdiag 2
dxdiag display

Nah sekarang kita ke bagian displaynya. Graphic card gw dibuat oleh Intel dengan tipe Intel HD Graphics 3000. Resolusi yang ditampilkan adalah 1366×768 dengan bitrate 32 bit dan refresh rate 60Hz. Untuk monitor memakai Generic PnP monitor. Untuk fitur directX sendiri, direct x dibolehkan melakukan DirectDraw Acceleration, Direct3D acceleration, dan AGP Texture Acceleration. Sedangkan untuk drivernya,  saya kurang begitu memahami tapi setidaknya performanya lumayan.

dxdiag 3
dxdiag sound

Beralih ke masalah suara, laptop gw memiliki Speaker yang bernama Realtek HD Audio.  Hardwarenya bisa dilihat dengan nama diatas yaa.. Untuk kualitasnya oke banget lah yaa, suaranya kenceng banget udah kayak TOA. Kalo buat nonton film suaranya kedengeran jelas dan ngebass gituu. Dan ini merupakan default device dari laptop ini.

dxdiag 4
dxdiag input

                Terakhir adalah masalah input. Untuk mouse, terpasang dengan baik namun spesifikasinya sepertinya tidak dijelaskan oleh directX, begitu pula dengan keyboard. Oh iya untuk touchpad, ia memiliki driver pendukung dari synaptics. Untuk port input, laptop ini memiliki 2 USB 2.0 dan 1 USB 3.0 yang lumayan kenceng dibandingkan USB 2.0 dan PS/2.

Terakhir sebagai penutup, gw akan sedikit membahas 32 bit dan 64 bit. 32 bit berarti perangkat anda memiliki kapasitas storage sementara untuk memproses data hanya berukuran 32, sedangkan yang 64 bit memiliki kemampuan yang dua kali lebih baik dari 32 bit. Hasilnya, perangkat yang memakai 64 bit akan lebih lancar dalam melakukan aktivitas, lebih baik dalam tampilan, bahkan beberapa fitur yang tidak ada dalam 32 bit dapat digunakan bila anda memakai aplikasi yang berbasis 64 bit. Dan kelebihan 64 bit adalah ia bisa menggunakan aplikasi yang 32 bit meskipun kualitasnya akan tidak sebagus ia menggunakan 64 bit. Namun harga perangkat maupun software yang berbasis 64 bit akan lebih mahal dibanding 32 bit dan penyebarannya tidak sebanyak yang 32 bit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: