Fumidasou! 35 – Hah, 100 Yen Shop?

_____ Setelah berbelanja di tempat belanja mainstream seperti pada postingan sebelumnya, kali ini ada juga tempat belanja yang tidak kalah menarik, yaitu 100 yen shop (biasa disebut hyaku’en shoppu / 百円ショップ). Kenapa menarik, karena di toko ini semuanya serba 100 yen, dari pernak pernik, alat tulis, perkakas rumah tangga, hingga makanan (meskipun terdapat pengecualian). Konsep ini mirip dengan toko toko di Indonesia saat zaman SD dulu (kira kira tahun 2000 – 2005) dimana banyak toko yang menawarkan barang serba 5000 dan kelipatannya. Di Tsukuba, terdapat 3 toko 100 yen yang bisa ditemui, yaitu pelangi. Hah pelangi? Ya, karena masing masing warna tokonya menyerupai pelangi, yaitu DAISO si merah, WATTS si kuning, dan SERIA si hijau.

1.) DAISO si Merah

Logo DAISO (source: daisojapan.com)

_____ DAISO si merah merupakan salah satu 100 yen shop yang paling banyak ditemui seantero Jepang. Tidak seperti MINISO yang ada di Indonesia yang merupakan merk asal Tiongkok, DAISO merupakan merk asli Jepang (meskipun beberapa barangnya juga ada yang made in China). Di Tsukuba sendiri terdapat 2 DAISO, yaitu DAISO IIAS Tsukuba seperti pada gambar 1 dan DAISO dalam York Benimaru dekat Tsukuba Center seperti pada gambar 2.

_____ Kualitas barang barang yang dijual di DAISO yaahh, mungkin menurutku 5/10, tidak terlalu bagus tapi tidak terlalu buruk juga, sebaran normal lah bisa dibilang, sedang sedang saja. Kenapa demikian? Karena ada harga ada rupa, yakali ingin kualitas superior tapi maunya irit. Tapi, setidaknya kualitas barang di DAISO terbilang cukup untuk mahasiswa yang tinggal sekitar setengah tahun – 1 tahun, setidaknya jika tingkat perawatannya sama denganku, karena lampu sepedaku sudah pernah rusak 1 kali dan tempat makanku tercungkil sedikit di bagian sisinya (tapi masih bisa ditutup sih, cuma nggak bisa buat nampung yang kuah kuah aja jadnya). Untuk barang lain yang kubeli di DAISO seperti gembok sepeda, sarung tangan musim salju, dan spons terbilang cukup OK. Hal yang bagus dari DAISO cabang York Benimaru adalah tersedianya biskuit isi coklat, blueberry, dan strawberry yang enak dan sudah tersertifikasi Halal oleh JAKIM (jarang jarang loh ada barang beginian). Selain itu, bumbu curry roux (kare batangan) yang dijual di DAISO merupakan curry roux termurah yang pernah kubeli dan komposisi bahan kritisnya paling ramah muslim (Ingat, hanya yang batangan ya, yang lain nggak tau, entah ada gelatin atau babinya). Untuk krim perawatan tubuh di DAISO, sepertinya cukup worth it meski harganya 100 yen. Oh iya, barang barang di DAISO tidak seluruhnya 100 yen, karena ada beberapa barang yang bernilai kelipatannya seperti 200, 300, 400, 500 yen, dan seterusnya, jadi harap perhatikan baik baik label harganya serta jangan langsung diembat semuanya mentang mentang judulnya 100 yen.

2.) WATTS si Kuning

Logo WATTS (source: watts-jp.com)
Peta rute menuju WATTS (source: Google Maps)

_____ Selanjutnya adalah WATTS si kuning. Kenapa dinamakan demikian, karena layout tokonya yang cerah dan didominasi warna kuning, termasuk planknya. Di Tsukuba, aku baru melihat 1 toko WATTS, yaitu di pusat perbelanjaan Tsukuba Center yang berhadapan langsung dengan stasiun Tsukuba di lantai dasar. Letaknya di dalam pusat perbelanjaan cukup “nyempil” karena tokonya sendiri yang memang tidak terlalu besar dan letaknya agak di bagian dalam. Barang barang di WATTS lebih terkesan seperti barang untuk craft and hobby, meskipun tersedia juga alat tulis. Semua barang disini berharga 100 yen, jadi sangat pas bagi yang mau mengirit.

Potret bagian wangi-wangian di WATTS (source: personal snapshot)

_____ Barang yang pernah aku beli di WATTS adalah alat tulis seperti pulpen dan tip-x, kotak makan susun, dan bola gel pengharum ruangan. Menurutku, kualitas barang di WATTS sedikit lebih baik dari DAISO, yaitu 6/10, karena pewangi ruangannya cukup awet dan baunya enak. Alat tulis yang kubeli juga bertahan cukup lama, namun tempat makannya sayangnya terlalu longgar untuk ditumpuk dan disusun sehingga kurang praktis. Untuk yang mau beli pernak pernik, terutama wewangian, menurutku WATTS sih recommended lah.

3.) SERIA si Hijau

_____ Nama SERIA, mengingatanku pada hal hal yang sangat Indonesia, yaitu C***A mart yanng juga berwarna hijau serta hal hal yang berbau syariah pun juga berwarna hijau hehehe. Jokes aside, SERIA ini letaknya sangta dekat dengan Ichinoya, yaitu di perempatan dekat KASUMI sakura dan JASON supermarket. SERIA sendiri berbentuk bangunan sendiri, bukan menyatu dengan pusat perbelanjaan, sehingga mudah diidentifikasi dari jalan raya. SERIA memiliki warna hijau di plank tokonya serta warna interior yang dominan hijau terang. Sama seperti WATTS, SERIA juga serba 100 yen, jadi tidak perlu khawatir jika salah pilih dan harganya membludak. Karena bangunan sendiri, maka SERIA memiliki interior terluas dan pilihan terkomplit dibandingkan 2 lainnya. Barang yang dijual di SERIA pun beragam, mulai dari alat tulis, perabotan, alat masak, mainan, bahan bahan kue, perabotan keramik dan beling, dll, hal yang belum tentu ditemukan di kedua 100 yen shop lainnya.

Logo SERIA (source: yaleyale.jp)
Peta rute menuju SERIA (source: Google Maps)

_____ Secara kualitas barang, SERIA menurutku berada diantara WATTS dan DAISO, yaitu sekitar 5,5/10. Alasannya adalah karena botol minumku yang kubeli di SERIA bocor setelah jatuh 3x. Sisi baiknya adalah karena tersedia bahan kue seperti icing sugar, cetakan lucu, dan lainnya, dan kualitasnya cukup lumayan, jadi saling menetralkan. Aku pun membeli kabel USB charger untuk Nintendo 3DS, kartu remi, talenan, dan buku tulis disini dan sejauh ini kualitasnya oke oke saja. Talenan yang kubeli di SERIA pun cukup kuat menahan goresan dari pisau saat digunakan untuk memotong, hal yang tak disangka dari sebuah talenan plastik seharga 100 yen. Tapi ya sekali lagi, semuanya adalah barang dengan harga 100 yen, jadi kalau seandainya kurang memuaskan dari segi kualitas, ya harap maklum.

Kabel charger Nintendo 3DS USB yang kubeli di SERIA (source: personal snapshot)

まとめ / Rangkuman

1 . DAISO : (+) Kualitas barangnya beragam (dari yg kurang sampai yang bagus ada), tersedia makanan yang lebih ramah muslim, cabangnya lebih banyak (-) harganya bervariasi kelipatan 100 yen, agak gambling dengan kualitasnya. –Lebih cocok untuk anda yang mencari barang dengan desain kekinian-

2 . WATTS : (+) Kualitas barangnya lebih merata (yang jelek ngga jelek amat, yang bagus ngga bagus amat), tersedia wewangian yang enak banget aromanya (-) kualitas barangnya yang B aja, tokonya agak sempit. –Lebih cocok untuk anda yang mencari barang dengan desain minimalis-

3 . SERIA : (+) Kualitasnya diantara DAISO dan WATTS, tersedia ragam produk yang lebih lengkap (termasuk bahan kue dan mainan), jaraknya lebih dekat dari Ichinoya, desain interior toko paling oke (-) kualitas barangnya yang B aja, kasirnya paling banyak cuma 2 untuk toko sebesar itu, jadi kalau lagi ramai bisa agak lama. -Lebih cocok untuk anda yang mencari barang dengan desain yang cenderung lucu dan kalem-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: